Formula satu atau sering disingkat F1 adalah kelas balapan mobil formula tempat duduk tunggal yang tertinggi. F1 sendiri memiliki nama lengkap FIA Formula One World Championship. Balapan ini memperebutkan dua gelar juara yaitu untuk pembalap dan konstruktor. F1 sendiri memiliki sejumlah seri balapan yang lebih dikenal dengan nama Grand Prix (GP) dan diselenggarakan di dalam sirkuit atau jalanan umum dalam kota yang masuk kriteria dan ditutup untuk umum.

Eropa masih menjadi pusat tradisi Formula Satu hingga sekarang. Namun seiring berjalannya waktu kompetisi F1 meluas sampai ke negara-negara non Eropa. Formula Satu juga sering digaungkan sebagai balap mobil termahal baik dari segi olahraga maupun produksinya. Seri balapan saat ini telah menyebar di sejumlah benua selain Eropa yaitu Asia, Oseania, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

vettel juara f1 brazil sao paulo

Pada F1 GP Brasil yang berlangsung dua pekan silam (12/11) Sebastian Vettel atau akrab disapa Vettel meraih posisi pertama pada balapan dominan di Autodromo Jose Carlos Pace. Pebalap Valtteri Bottas dari Mercedes harus rela posisinya menjadi runner-up karena hanya berbeda 2,7 detik dari Vettel. Sementara itu, rekan satu timnya, Lewis Hamilton tampil memukau di arena ini dengan sempat menyerang Kimmi Raikkonen pada posisi tiga.

Saat start, Vettel yang berada di posisi dua tidak membuang kesempatan lagi, langsung membalap Bottas dan menyelesaikan kompetisi sampai mencapai garis finish dengan baik. Daniel Ricciardo sempat melintir saat balapan berlangsung, sedangkan Kevin Magnussen menabrak Stoffel Vandoorne yang menyebabkan keduanya out dari balapan. Tak lama berselang Romain Grosjean dan Esteban Ocon ikut bertabrakan. Safety Car pun masuk ke lintasan.

Ricciardo akhirnya kembali ke lintasan setelah melakukan pengecekan pada kendaraannya dan hanya meraih posisi ke-12. Hamilton pun tak mau kalah membalap. Namun disayangkan kondisi ban yang sudah menurun pada mobilnya, membuatnya tak bisa mengejar ketinggalan dan hanya berada di tempat ke-9.

Vettel yang masih bertahan di posisi terdepan, mengalahkan Bottas hingga kompetisi berakhir. Di akhir lap, yang merupakan lap penentuan, Felipe Massa harus mengakhirinya dengan posisi urutan ketujuh. Dari info yang beredar, Felipe Massa telah memutuskan akan pensiun dari Formula Satu di akhir musim ini dan pertandingan kali ini menjadi pertandingan perpisahannya dengan event internasional ini.

Dengan demikian, hasil GP Brasil berakhir dengan 10 pebalap teratas yang dikuasai oleh Sebastian Vettel di posisi puncak dan diikuti dengan ketat oleh Valtteri Bottas. Kimi Raikkonen mengisi posisi selanjutnya yang dilanjutkan dengan Lewis Hamilton, Max Verstappen, Daniel Ricciardo, Felipe Massa, Fernando Alonso, Sergio Perez, dan ditutup dengan Nico Hulkenberg yang berada di posisi ke-10.

Laga sebelumnya yang berada di Sirkuit Interlagos, Sao Paulo, Sabtu lalu (11/11) pada kualifikasi GP Brasil, Hamilton sempat mengalami kecelakaan pada lap pertama di Q1. Driver Mercedes ini menabrak pembatas di tikungan keenam yang menyebabkannya kehilangan waktu cukup banyak. Sehingga Hamilton harus melakukan start dari paling belakang. Namun ini bukan masalah serius bagi seorang Hamilton karena dia sudah pasti akan menjadi juara dunia Formula 1 di musim ini.

lewis hamilton juara dunia F1 2017

Perlu diketahui, pada laga ini tidak diduga Bottas mampu memimpin laga kualifikasi. Persaingan menjadi semakin panas ketika di Q3, Bottas dan Vettel saling bertarung berebut untuk mendapatkan posisi terdepan di laga penentuan ini. Vettel memang sempat unggul yang berlangsung hanya sebentar karena Bottas segera menyalipnya dan mengunggulinya dengan perolehan waktu 1 menit 08,322 detik. Di posisi ini Vettel harus berhenti pada posisi kedua hingga waktu pertandingan berakhir dan mengantongi selisih waktu antara kedua pebalap senior ini dengan hanya 0,038 detik.

Minggu (13/11) Formula 1 GP Brasil berlangsung di Sirkuit Jose Carlos Pace, Sao Paulo, pebalap Ferrari, Sebastian Vettel masih tampil sebagai pemenang.

Pada balapan ini Hamilton harus memulai dari pit lane karena mengganti komponen harus memperbaiki komponen mesin pasca kecelakaan di sesi kualifikasi.

Raikkonen, rekan satu tim Vettel tidak beranjak dari posisi lima dan belum mampu menggeser Daniel Ricciardo yang finish urutan ke-6 di balapan tersebut.